Profil Novita Eka Nurjanah, M.Pd

Novita Eka Nurjanah, M.Pd
NIP.199211082018032001

Email
novitapgpaud@staff.uns.ac.id

Education background

  • S1/ Undergraduate:
    Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia (2010-2014)
  • S2/ Master:
    Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia (2014-2016)

Research Interest

  • Early childhood creativity, Learning innovation in early childhood

List of Publications (2019-now)

  • Aisyah, A. N., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Pola melalui Media Realia pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 7(4), 451-462. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32824

  • Anandya R, R. A. M., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Animal Fun. Jurnal Ilmiah PTK PNF. 15(1), 53–62. https://doi.org/10.21009/JIV.1501.6

  • Damayanti, F., Palupi, W., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gerak Manipulatif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 126. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39744

     

  • Dewi, R., Wahyuningsih. S., & Nurjanah. N. E. (2019). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 7(4). 352-368. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092

  • Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., Jumiatmoko, Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2021). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Pendidik PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.48

  • Handayani, U. W., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Analisis Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1640–1646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1308

  • Handayani, U. W., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Studi Survei Kecerdasan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 9(3), 171-181. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.52203

  • Kurniawati1, N., Rasmani., U. E. E., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Gugus Melati Kecamatan Wonosari. Jurnal Kumara Cendekia. 9(2), 4–5. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49187

  • Larasati, C.D., & Nurjanah, N. E. (2021). Analisis Program Adults And Children Together (ACT) Raising Safe Kids. Jurnal Ilmiah PTK PNF. 16(1), 75–80. https://doi.org/10.21009/JIV.1601.8

  • Larasati, C. D., Syamsudin, M. M., & Nurjanah, N. E. (2021). Efektivitas Intervensi Adults and Children Together ( Act ) Raising Safe Kids Program Terhadap Pencegahan Tindak Kekerasan Verbal Dalam Pendisiplinan Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 49–55. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.47801

  • Lucky, A., Palupi, W., & Nurjanah, N. E. (2021). Correlation between Ball games and Fundamental Motor Skill of 4-5 Years Old Children at Jebres , Surakarta. Jurnal Indria. 7255(1), 62–68. http://dx.doi.org/10.24269/jin.v6n1.2021.pp62-68

  • Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

  • Nuransa, T. F., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2020). Efektivitas Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendikia, 9(1), 11–19. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.42373

  • Nurjanah, N. E., & Cahyani, A. D. N. (2021). Dampak Metode Bermain Peran terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD. 3359(449), 15–29. https://doi.org/10.33061/jai.v6i1.5824

  • Nurjanah, N. E., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2021). Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2030–2042. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1531.

  • Nurjanah, N. E., & Hardiyanti, W. D. (2021). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Reggio Emilia. Jurnal Smart Paud. 4(2), 103–114. http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v4i2.18873

  • Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia. 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.66-77

  • Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM berbasis Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672

  • Nurjanah, N. E., & Hardiyanti, W. D. (2021). Playing Through Painting Activities to Stimulate Early-Childhood Creativity. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1145/3452144.3452232.

  • Palupi, W., Wahyuningsih, S., Widiyastuti, E., Nurjanah, N. E., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Pemanfaatan Ecobricks Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i1.37624

  • Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.48175

  • Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., & Wahyuningsih, S. (2020). The effect use of STEAM method on the classification ability in objects for children aged 4-5 years. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012119

  • Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2019). Development of an integrated guidance counseling model for early childhood education learning programs. AIP Conference Proceedings, 2194(December). https://doi.org/10.1063/1.5139834

  • Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

  • Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894

  • Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237

  • Sumawardhani, a., Hafidah, R., & Nurjanah. N. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan melalui Outdoor Learning pada Anak Uisa 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 7(4).369-380. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.31776

  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE). 4(1), 33–44. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855

  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). the Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326.

  • Wulandari, F. S., Palupi, W., & Nurjanah, N. E. (2020). Pengaruh Kreasi Ecobrick terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia. 8(3), 331–341.

  • Zuhro, N. S., Syaifuddin, K., Nurjanah, N. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah TIK di Jenjang Sarjana Program Studi PGPAUD. Jurnal kumara Cendekia. 9(4), 264-269. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.56749