Profil Nurul Kusuma Dewi, S. Pd., M. Pd

Nurul Kusuma Dewi, S. Pd., M. Pd
NIP.197601032010122001

Email
kusuma.dewi@staff.uns.ac.id

Education background

  • S1/ Undergraduate:
    Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia (2008-2012)
  • S2/ Master:
    Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia (2013-2015)
  • S3/ Doctor:
    Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia (2020-sekarang)

Research Interest

  • Learning innovation in early childhood
  • Kognitif developmet in early childhood
  • Learning media in early childhood

List of Publications (2019-now)

  • Gerda, M. M., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Efektivitas Aplikasi Sex Kids Education untuk Mengenalkan Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), 3613-628, https://doi.org/10.31004/obsesi.v%vi%i.2170.
  • Nurjanah, N. E., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2021). Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2030–2042. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1531.
  • Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237
  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). the Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326
  • Oktaviany, F., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Problem Solving Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (3), 148-155. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.49293.
  • Gerda, M. M., Puspitasari, N., Septiani, R. D., & Dewi, N. K. (2021). Peran Tri Pusat Pendidikan dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. JP2KG AUD: Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, dan Gizi Anak Usia Dini, 2 (2), 97-106.
  • Wardani, I. K., Hafidah, Ruli., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (4), 225-233. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845.
  • Kumala, R. A. D., Endang, U. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Computational Thinking Anak Usia Dini. Visi: Jurnal Ilmiah PTK PNF, 16 (1), 81-96. http://doi.org/10.21009/JIV.1601.9.
  • Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan melalui Pembelajaran Multimedia pada Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (4), 66-76. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.47620.
  • Shiddiq, K. H., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Pengukuran Anak Usia 4-6 Tahun. ECEDJ: Early Childhood Education and Development Journal, 3 (1), 35-45. https://dx.doi.org/10.20961/ecedj.v3i1.51040.
  • Yasir, C., Rasmani, U. E.E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus Melati Jaten. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (2), 124-120. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49294.
  • Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Media Lift The Flap Book terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (1), 20-30. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.47897.
  • Sholikhah, N. A. M., Dewi, N. K., & Sholeha. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (1), 56-65. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.47166.
  • Pratiwi, R. W., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2021). Upaya Penanaman Karakter Anak melalui Cerita Rakyat pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara, 9 (1), 31-40. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.48107.
  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). Identification of The Application of Science Literacy in Early Childhood Education Learning in Surakarta. ICLIQE: The 4th International Conference on Learning and Quality Education 2020. https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3452144.3452255.
  • Suryani, N. E., Syamsuddin, M. M., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Nature Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (4), 356-368. https://doi.org/10.20961/kc.v8i4.42090.
  • Ashihah, G. R., Sriyanto, M. I., & Dewi, N. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Seriasi Anak Usia 4-6 Tahun melalui Media Papan Flanel. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (4), 391-401. https://doi.org/10.20961/kc.v8i4.45225.
  • Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Program Pendidikan Al Qur’an (TPA) untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (2), 183-196. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.34631.
  • Prakarsi, E., Karsono., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy Book untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (2), 171-182. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703.
  • Astari, T. Y., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (2), 196-210. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.42052.
  • Hafidah, R & Dewi, N. K. (2020). TPR (Total Physical Respons) Methode on Teaching English to Early Childhood. ECEDJ: Early Childhood Education and Development Journal, 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.20961ecedj.v2i1.45167.
  • Prastiti, H. N., Syamsuddin, M. M., & Dewi, N. K. (2020). Efektivitas Building Block Program terhadap Kompetensi Numerik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (1), 96-104. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31784.
  • Pradaya, B., Admojo, I. R. W., & Dewi, N. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Modifikasi Bola Basket pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8 (1), 56-68. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.32572.
  • Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Metode TPR (Total Physical Response) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019, 393-399.
  • Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Pertiwi, H. T. (2019). The Writing Skill Stimulation of Children Aged 5-6 Years. Jurnal Indria, IV (1), 1-14. http://dx.doi.org/10.24269/jin.v4n1.2019.pp1-14.