Profil Ruli Hafidah S.Pd., M.Hum.

Ruli Hafidah S.Pd., M.Hum.
NIP.197906122009122002

Email
rulihafidah@staff.uns.ac.id

Education background

  • S1/ Undergraduate:
    Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, IKIP PGRI Semarang, Indonesia (2009-2013)
  • S2/ Master:
    Linguistik (Penerjemahan), Universitas Sebelas Maret, Indonesia (2004-2016)

Research Interest

  • Language development in early childhood
  • English development in early childhood

List of Publications (2019-now)

  • Zahari, Q. F., Prashanti, N. A., Salsabella, S., Jumiatmoko, J., Hafidah, R., & Nurjannah, N. E. (2022). Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini dengan Masalah Obesitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2844-2851. doi:10.31004/obsesi.v6i4.1570

  • Anggraeni, R. B., & Hafidah, R. (2021). Strategi Pengambilan Nilai Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Dimasa Pendemi. Jurnal Golden Age, 5(02). Retrieved from https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.2976

  • Handayani, U. W., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Analisis Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1640-1646. doi:10.31004/obsesi.v6i3.1308

  • Handayani, U. W., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Studi Survei Kecerdasan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Kumara Cendekia, 9(3). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Hapsari, R. A., Hafidah, R., & Wahyuningsih, S. (2021). Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Pendidikan Seks. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2078-2084. doi:10.31004/obsesi.v6i3.1363

  • Nurjanah, N. E., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2021). Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2030–2042. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1531.

  • Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Media Lift The Flap Book terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (1), 20-30. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.47897.

  • Oktaviany, F., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Profil Kemampuan Problem Solving Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (3), 148-155. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.49293.

  • Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Prashanti, N. A., & Hafidah, R. (2021). Perkembangan Menulis Anak Usia Dini masa Pandemi COVID-19 Di TK Darussalam 02. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 197-210. doi:10.26877/paudia.v10i1.8312

  • Putri, R., & Hafidah, R. (2021). Program Pengembangan Kemampuan Menulis Kelompok B Pada Masa Pandemi Di R.A. Al-Hidayah. Jurnal Golden Age, 5(02). Retrieved from https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.2977

  • Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2). Retrieved from https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3705

  • Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2). doi:2579-4531

  • Sandyprihati, D., Rasmani, U. E., & Hafidah, R. (2021). The Efektivitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 69-74. doi:10.21009/jiv.1601.7

  • Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237

  • Wardani, I. K., Hafidah, Ruli., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9 (4), 225-233. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845.

  • Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Cahya, K., Hafidah, R., & Sipparamita, R. (2020). Improved Ability to Listen to Children of Group A in Al A’raaf Islamic Kindergarten through Audio Visual Media. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). doi:10.29313/ga:jpaud.v4i1.5424

  • Fauziah, Z., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 222. doi:10.20961/kc.v8i2.39266

  • Hafidah, R & Dewi, N. K. (2020). TPR (Total Physical Respons) Methode on Teaching English to Early Childhood. ECEDJ: Early Childhood Education and Development Journal, 2 (1), 9-17. https://doi.org/10.20961ecedj.v2i1.45167.

  • Hidayah, F. S., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). The Correlation Between Democratic Parenting and 4-5 Year-Old Children’s Autonomy in Gonilan Village. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 33. doi:10.20961/ecedj.v2i2.48322

  • Lubis, H. R., Palupi, W., & Hafidah, R. (2020). Mengenal Lambang Bilangan Melalui Metode Problem Solving pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. doi:10.31004/obsesi.v5i1.550

  • Nurhasanah, D. A., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Micro Role Playing Method for Empathy of Children Aged 5 to 6 Years. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2). doi:2684-7442

  • Purwati, A., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Pola Pengasuhan Orangtua Tunggal terhadap Pengaturan Emosi Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 116. doi:10.20961/kc.v8i2.32300

  • Rachmawati, R. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Animal Fun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 53-62. doi:10.21009/jiv.1501.6

  • Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 1. doi:10.20961/kc.v8i1.31894

  • Ulfa, F. N., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). Mengenal Bentuk Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(1), 82. doi:10.20961/kc.v8i1.39354

  • Wahyuningsih, N., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 11. doi:10.20961/kc.v8i1.3215

  • Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33. doi:10.20961/ijpte.v4i1.39855

  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). Identification of The Application of Science Literacy in Early Childhood Education Learning in Surakarta. ICLIQE: The 4th International Conference on Learning and Quality Education 2020. https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3452144.3452255.

  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). The Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326

  • Wati, D. R., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan melalui Permainan Mancala Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 46. doi:10.20961/kc.v8i1.35756

  • Wulandari, R. A., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). The Effect of Augmented Reality (AR) Flashcard on Early Literacy of Early Childhood. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education. doi:10.1145/3452144.3452246

  • Fadlila, N., Palupi, W., & Hafidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Melalui Metode Bermain Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah Punggawan Tahun 2016/2017. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Metode TPR (Total Physical Response) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019, 393-399.

  • Palupi, W., Hafidah, R., & Karsono, K. (2019). Song and Movement as Media of Early Childhood Language Development. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 12. doi:10.20961/ecedj.v1i1.33020

  • Pratiwi, D. F., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Pola Asuh Otoriter dengan Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Pratiwi, D. F., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Authoritarian parenting style with aggressive behavior of 5-6 years old. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 30. doi:10.20961/ecedj.v1i1.34326

  • Qori’ah, T. U., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Center Learning Model in Children Aged 4-5 Years. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 37. doi:10.20961/ecedj.v1i1.34521

  • Qori’ah, T. U. W., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Model Pembelajaran Sentra pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara

  • Sumawardani, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan melalui Outdoor Learning pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 369. doi:10.20961/kc.v7i4.31776

  • Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. doi:10.31004/obsesi.v4i1.305