Visi dan Misi

Visi

Visi Program Studi PG-PAUD FKIP UNS adalah sebagai lembaga penghasil dan pengembang tenaga pendidik anak usia dini yang profesional, berkarakter kuat, dan cerdas.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga pendidik anak usia dini yang memiliki keunggulan dalam pemahaman tentang perkembangan, penguasaan teknik pembelajaran inovatif, dan asesmen yang berbasis nilai-nilai luhur untuk membentuk karakter kuat dan cerdas.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan anak usia dini
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk layanan anak usia dini yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga penyelenggara PAUD
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menunjang pengembangan bidang kependidikan anak usia dini

Tujuan Program Studi S-1 PG-PAUD adalah:

  1. Menghasilkan lulusan dengan indeks prestasi kumulatif yang tinggi, berkepribadian pendidik yang berkarakter kuat dan cerdas dengan masa studi dan masa tunggu yang pendek.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan anak usia dini
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk layanan anak usia dini yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga penyelenggara PAUD
  4. Menghasilkan produk-produk ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang kependidikan anak usia dini

Sasaran Program Studi PG-PAUD adalah menghasilkan lulusan yang memiliki:

  1. Kemampuan untuk menyelesaikan studi tepat waktu.
  2. Kemampuan dan motivasi tinggi untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan di dalam proses pembelajaran.
  3. Kemampuan untuk berani dalam mengungkapkan pendapat dan gagasan yang kreatif dan inovatif baik di dalam maupun di luar perkuliahan.
  4. Kemampuan untuk menghasilkan proses pendidikan bermutu, produktif, dan inovatif berbasis peningkatan pengetahuan dan IT yang berkarakter kuat dan cerdas.
  5. Kemampuan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi berlangsungnya proses pendidikan yang berkarakter kuat dan cerdas.
  6. Kemampuan untuk melakukan kegiatan kolaboratif dengan lembaga mitra dalam karya ilmiah yang berkarakter kuat dan cerdas.
  7. Kemampuan untuk melakukan kerjasama dengan lembaga mitra dalam rangka memberikan produk layanan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkarakter kuat dan cerdas.