Universitas Sebelas Maret telah mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pengembangan minat bakat mahasiswa melalui Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) secara daring pada yang dipimpin oleh Ibu Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd dan dibantu oleh mahasiswa PG PAUD yang lolos pendanaan PKM pada tahun 2018 dan 2019, Novi Puspita. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) menyambut baik kegiatan tersebut, diharapkan mahasiswa prodi PG PAUD dapat melakukan sumbangsih terhadap pengembangan minat bakat mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan hard skill dan soft skill dan sebagai wujud implementasi kreativitas dan inovasi mahasiswa.

              Bincang-bincang PKM

Dari kegiatan “Bincang-Bincang PKM 2021” yang dilaksanakan awal bulan Februari, merupakan kegiatan yang menjelaskan mengenai kiat-kiat penyusunan artikel dan sharing pengalaman mengenai pelaksanaan PKM oleh mahasiswa PG PAUD yang lolos pendanaan untuk memotivasi mahasiswa PG PAUD yang akan mengikuti PKM.

Workshop Penyusunan Proposal PKM dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Pembicara Ibu Lina Mahardiani, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D dan Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd yang mana mengutarakan mengenai aturan pedoman penyusunan PKM yang sesuai dengan bidang yang dipilih dan memotivasi mahasiswa untuk mengelola potensi melalui PKM. Kegiatan tersebut berlangsung melalui platform Zoom yang disiarkan langsung diakun Youtube Semar Tv.

Berikut adalah alur pelaksanaan PKM;

1. Batas pengumpulan proposal PKM, tanggal 19 Februari 2021

2. Pengumuman proposal lolos PIM-UNS, tanggal 22 Februari 2021

3. Revisi proposal bagi yang lolos, tanggal 23-25 Februari 20214

4. Unggah proposal ke Simbelmawa, tanggal 26-28 Februari 2021

Adanya gabungan antara pihak Prodi dan mahasiswa merupakan sebuah bentuk perhatian pihak Prodi kepada mahasiswa dalam mewujudkan kemampuan dan kreativitas sesuai bidang yang dipilih dan bentuk implementasi tingkat kritis (HOTS) mahasiswa terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi.